13 Percepatan Sentripental Pada Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Contoh Soal :
Cara Menentukan Percepatan Sentripental - Gerak Melingkar #13
Sebuah Benda bergerak membentuk lintasan melingkar berjari-jari 800 meter. Jika dalam 1 jam benda tersebut mampu melakukan gerak melingkar sebanyak 120 putaran. Tentukanlah Percepatan Sentripental dari gerakan benda tersebut.




DIALOG
Nokadela mengendarai sepeda motor melewati sebuah tikungan melingkar berjari jari 10 m, seperti tampak pada gambar berikut. Jika kecepatan motor Noka 36 km/jam, maka tentukan percepatan Noka yang menuju ke pusat lintasan! Sebuah tikungan pada dasarnya adalah bagian dari lintasan melingkar. Entah hanya setengah, seperdelapan atau sedikit apapun, sebuah tikungan selalu bisa kita anggap sebagai bagian dari lintasan melingkar. Sehingga persamaan-persamaan pada gerak melingkar berlaku di dalam kasus ini. Untuk menjawab soal-soal fisika, seperti biasanya kita terebih dahulu perlu mengumpulkan variabel-variabel yang kita ketahui. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa jari-jari r samadengan 10 meter, dan kecepatan sama dengan 36 km/jam. Satuan kecepatan masih dalam km/jam, sehingga alangkah lebih baik satuan ini diubah terlebih dahulu kedalam satuan kecepatan sesuai Standar International yaitu meter/detik. Jika anda belum memahami bagaimana cara mengubah satuan, silahkan anda kunjungi video tentang cara mengkonversi satuan kelajuan kecepatan. Hal yang ditanyakan dalam soal ini yaitu perceptan sentripental (As). percepatan yang memiliki arah menuju ke pusat lintasan melingkar disebut sebagai percepatan sentripental. Percepatan sentripental ini sedikit berbeda dengan percepatan pada gerak lurus. Jika pada gerak lurus percepatan berfungsi untuk mengubah kecepatan. maka percepatan sentripental berfungsi untuk mengubah arah gerak. Jadi, pada gerak melingkar beraturan (GMB), kecepatan gerak benda selalu sama, hanya saja arahnya selalu berubah. Percepatan sentripental dirumuskan sebagai kecepatan linier kuadrat dibagi dengan jari-jari. atau karena kecepatan terkait dengan kecepatan sudut. maka rumus tersebut bisa juga di tuliskan sebagai kecepatan sudut kuadrat di kali jari-jari. Kedua rumus di atas sama saja. Silahkan saja jika anda ingin menghapal keduanya. Tapi saya sendiri lebih memilih mengingat persamaan pertama, dan selalu mengingat hubungan antara kecepatan dan kecepatan sudut. Kali ini kita akan menyelesaikan permasalahan di atas menggunakan persamaan pertama. Dengan kecepatan v sama dengan 20 m/s dan jari jari r sama dengan 10 m. Kita akan memperoleh niai percepatan sentripental sama dengan  40 m/s kuadrat. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: