02 Panjang Gelombang dari Gelombang Radio

Contoh soal :
Panjang Gelombang dari Gelombang Radio - Soal dan Pembahasan  Gelombang Elektromagnetik  #02
Sebuah pemancar gelombang Radio bekerja pada frekuensi 97,7 MHz (Di media siaran, biasa di baca 97,7 Fm). Tentukanlah berapa panjang gelombang yang dipancarkan oleh pemancar radio tersebut !



DIALOG
Sebuah pemancar gelombang Radio bekerja pada frekuensi 97,7 MHz. Tentukanlah berapa panjang gelombang yang dipancarkan oleh pemancar radio tersebut ! Dari dalam soal kita mengetahui bahwa frekuensi gelombang elektromagnetik adalah 97,7 Mega Hz. Karena satuan ini belum sesuai dengan standar internasional, maka alngkah lebih baik kita ubah terlebih dahulu kedalam Hz. Sehingga kita peroleh 97,7 x 10^6 Hz. Hal yang ditanyakan adalah panjang gelombang dari gelombang elektromagnetik yang dihasilkan pemancar radio panjang gelombang dan frekuensi gelombang memiliki hubungan yang erat sebagai : cepat rambat gelombang = panjang gelombang dikali frekuensi Dimana cepat rambat gelombang elektromagnetik, atau kecepatan gelombang elektromagnetik adalah 3 x 10^8 m/s. Ini adalah sebuah konstanta yang harus selalu kita ingat, ketika kita belajar tentang Gelombang. Dengan memasukan data-data yang telah kita ketahui, kita bisa peroleh  bahwa : 3 x 10^8 m/s = panjang gelombang dikali 97,7 x 10^6 Hz Kita bisa memindahkan 97,7 x 10^6 melewati samadengan, sehingga kita bisa peroleh bahwa panjang gelombang = 3x10^8 m/s : 97,7x10^6 Hz. Atau senilai dengan 3,07 meter. 3,07 meter ini mengartikan bahwa setiap gelombang (bukit dan lembah) yang dihasilkan oleh pemancar radio tersebut, memiliki panjang 3,07 meter. Lebih jauh tentang panjang gelombang ini akan kita pelajari ketika kita belajar tentang gelombang secara umum. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: