03 Suara Tunda Telepon

Contoh soal :
Suara Tunda Telepon - Soal dan Pembahasan  Gelombang Elektromagnetik  #03
Nokadela berbicara dengan Indra melalui sebuah telepon. Jika Noka berada di Bandung, dan Indra berada di Indramayu, serta jarak Bandung-Indramayu adalah 150 km. Maka tentukan berapa lama waktu yang diperlukan, dari setiap suara Noka untuk sampai di Indramayu.



DIALOG
Nokadela berbicara dengan Indra melalui sebuah telepon. Jika Noka berada di Bandung, dan Indra berada di Indramayu, serta jarak Bandung-Indramayu adalah 150 km. Maka tentukan berapa lama waktu yang diperlukan, dari setiap suara Noka untuk sampai di Indramayu. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa jarak bandung-indramyu = 150 km. Satuan jarak ini masih belum sesuai dengan standar international, jadi alangkah lebih baik jika kita ubah terlebih dahulu ke dalam meter. sehingga kita peroleh jarak = 150.000 meter. Hal yang ditanyakan adalah waktu tempuh (t). Seperti biasanya, ketika kita membahas soal sederhana tentang gelombang elektromagnetik. Kita harus selalu curiga, bahwa ini merupakan soal biasa yang bisa kita kerjakan dengan persamaan : cepat rambat = panjang gelombang dikali frekuensi. Dimana cepat rambat gelombang elektromagnetik, atau kecepatan gelombang elektromagnetik adalah 3 x 10^8 m/s. sebuah konstanta yang harus selalu kita ingat. Namun, jika kita perhatikan kembali, ternyata kita hanya memiliki cepat rambat gelombang, tidak ada panjang gelombang maupun frekuensi. Bahkan hal yang ditanyakan juga waktu (t). Jauh sekali dari rumus yang kita tulis di atas. Dari data yang kita ketahui, ternyata kita punya jarak, kecepatan, dan hal yang ditanyakan adalah waktu. Terlebih kita tahu bahwa Cepat rambat atau kecepatan Gelombang ini adalah sebuah konstanta 3x10^8, dimana nilainya selalu tetap. Ternyata, ini merupakan permasalahan GLB sederhana, seperti yang sudah kita pelajari sebelumnya : Disana kita tahu bahwa kecepatan adalah jarak/waktu. Dengan memasukan data-data yang telah kita ketahui, kita bisa peroleh  bahwa : 3 x 10^8 m/s = 150.000 meter : waktu (t) kita bisa pindahkan waktu (t) melewati samadengan serta 3x10^8 melewati samadengan. Sehingga kita peroleh bahwa waktu (t) = 150.000 meter : 300.000.000 m/s Atau senilai dengan 0,0005 Sekon. waktu (t) senilai 0,0005 Sekon ini mengartikan bahwa setiap hal yang di ucapkan oleh noka melalui telepon, di bandung. Akan memerlukan waktu sekitar 0,0005 detik untuk sampai ke telephone milik indra di indramayu. Jadi temen-temen, bahkan telepon pun sebenarnya tidak benar-benar realtime, Tapi ada waktu tunda sesaat. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: