12 Cara menentukan Gaya Berat Benda Pada Bidang Miring

Contoh Soal :
Cara menentukan Gaya Berat Benda Pada Bidang Miring - Soal dan Pembahasan  Dinamika Partikel  #12
Sebuah kotak besi bermassa 20 Kg, terletak pada bidang miring seperti gambar di bawah ini. Jika gravitasi bumi di tempat tersebut adalah 9,8 m/s kuadrat. Tentukanlah besar gaya berat yang bekerja pada kotak tersebut !



DIALOG
Perosotan adalah salah satu contoh bidang miring yang cukup akrab di kehidupan kita. Disana, bahkan dengan hanya duduk saja kita akan jatuh terperosok mengikuti arah bidang nya. Seolah-olah sesuatu menarik kita mengikuti bidang tersebut. Apa sih sesuatu itu? Untuk lebih mudah memahaminya, kita bisa menyimak contoh soal berikut ini. Sebuah kotak besi bermassa 20 Kg, terletak pada bidang miring seperti gambar di bawah ini. Jika gravitasi bumi di tempat tersebut adalah 9,8 m/s kuadrat. Tentukanlah besar gaya berat yang bekerja pada kotak tersebut ! Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa m = 20 Kg. Percepatan gravitasi g = 9,8 m/s kuadrat. dan sudut bidang miring tersebut berdasarkan gambar adalah senilai 30 derajat. Hal yang ditanyakan adalah gaya berat atau besar gaya tarik bumi kepada balok tersebut. Tentu kalian tahu bahwa arah gaya berat adalah selalu menuju pusat bumi. begitupun untuk benda-benda yang berada di dalam bidang miring. besar nilai gaya berat tersebut ditentukan dari hasil kali antara massa dan percepatan gravitasi.  Sehingga, jika kita memasukan data yang kita tahu ke dalam persamaan tersebut. Kita akan memperoleh gaya berat senilai dengan 196 Kg. m/s kuadrat. Atau sama dengan 196 Newton. Jadi, posisi benda tidak akan mempengaruhi besar nilai gaya berat. berapapun sudut bidang miring yang digunakan. Gaya berat balok tersebut akan benilai sama. Nah, temen-temen. Soal tersebut sebenarnya menghendaki jawaban hingga disini. Namun pada kesempatan ini, saya ingin mengajarkan hal unik tentang bidang miring. kelak pengetahuan ini akan penting ketika kalian belajar tentang gaya normal dan lain-lain. Jika kita menganggap bidang miring sebagai sumbu x, maka sudah pasti bidang normalnya merupakan Sumbu Y. Sekarang coba kita perhatikan arah gaya berat balok tersebut. Tampak bahwa ternyata, gaya berat membentuk sudut tertentu dari sumbu X dan sumbu Y. Dia tidak menempel di sumbu X atau sumbu Y tersebut. Karena kalian pernah belajar tentang penguraian vektor. Tentu kalian memahami bahwa vektor gaya berat w yang membentuk sudut tertentu  bisa juga kita urai kedalam Sumbu X dan Sumbu Y. Sehingga kita akan mengetahui bahwa nilai masing-masing hasil urai gaya berat tersebut adalah mgsin teta dan mg cos teta. nah, temen-temen. Inilah alasan kenapa kita terperosok saat bermain prosotan. ternyata, sesuatu yang menarik kita mengikuti arah bidang miring adalah sebuah gaya hasil urai dari gaya berat, yang nilainya gayaberat dikali sin teta.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: