12 Pemuaian Luas di Zat Padat

Contoh soal :
Pemuaian Luas di Zat Padat - Soal dan Pembahasan Suhu dan Kalor  #12
Sebuah Plat besi memiliki luas sebesar 10 m^2 ketika suhunya senilai 25°C. Jika koefisien muai panjang besi adalah 12 x 10^(-6)  /°C. Tentukanlah Perubahan Luas yang terjadi plat besi, jika suhu nya dinaikkan menjadi  75 derajat C



DIALOG
Sebuah Plat besi memiliki luas sebesar 10 m^2 ketika suhunya senilai 25°C. Jika koefisien muai panjang besi adalah 12 x 10^(-6) /°C. Tentukanlah Perubahan Luas yang terjadi plat besi, jika suhu nya dinaikkan menjadi  75 derajat C. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa luas awal plat besi adalah 10 m kuadrat. Suhu awal samadengan 25 derajat C. Koefisien muai panjang samadengan 12 x 10 pangkat -6 per derajat celsius. Serta suhu akhir samadengan 75 derajat celsius. Hal yang ditanyakan adalah perubahan luas yang dialami plat besi tersebut ketika terjadi kenaikan suhu dari 25 hingga 75 derajat celius. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Pemuaian Luas yang terjadi pada suatu benda, dapat dinyatakan dengan persamaan berikut : Perubahan luas = koefisien muai luas x luas awal x perubahan suhu Dapat kita lihat bahwa untuk menentukan perubahan luas, kita memerlukan tiga variabel yaitu koefisien muai luas, luas awal, dan perubahan suhu. Dari ketiga variabel tersebut, kita hanya mengetahui luas awal. Koefisien muai luas dan perubahan suhu sama sekali tidak disebutkan di dalam soal. Namun, hal itu bukan berarti keduanya benar benar tidak ada ada. Kehadiran keduanya sebenarnya tersirat cukup jelas dari soal. koefisien muai panjang, koefisien muai luas, serta koefisien muai volume memiliki hubungan yang erat seperti yang saya tunjukan pada kotak di samping. Tentu kalian tidak sulit mengingatnya. Sebab panjang adalah besaran 1 Dimensi. Luas adalah besaran 2 Dimensi. Serta volume adalah besaran 3 Dimensi. Di dalam kotak tersebut terlihat jelas bahwa koefisien muai luas besi sebenarnya senilai dengan 2 x dari koefisien muai panjang besi, yaitu 24 x 10 pangkat (-6)  / derajat celsius. Kemudian perubahan suhu bisa kita peroleh dengan mengurangi suhu akhir dengan suhu awal. Sehingga bisa kita peroleh perubahan suhu senilai 75 dikurang 25 derajat celsius, atau senilai 50 derajat celsius. Dengan memasukan  data yang kita ketahui, kita bisa peroleh : perubahan luas = 24 x 10 pangkat -6 /derajat celius dikali 10 meter kuadrat dikali 50 derajat celius. Atau senilai dengan 0,012 meter kuadrat. Jadi, ketika sebuah plat besi seluas 10 meter kuadrat dipanaskan hingga suhunya berubah 50 derjat celsius. Luas plat besi tersebut akan bertambah, seluas 0,012 meter kuadrat. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: