17 Gaya Normal dari balok yang ditekan

Contoh Soal :
Cara menentukan Gaya Normal Balok yang di tekan - Soal dan Pembahasan  Dinamika Partikel  #17
Nokadela meletakkan sebuah kotak kayu bermassa 10 Kg di atas lantai. Kemudian (kotak tersebut) di injak dengan gaya total sebesar 50 N. Tentukanlah besar gaya normal yang bekerja pada kotak kayu tersebut, jika percepatan gravitasi di tempat itu adalah  9,8 m/s^2.



DIALOG
Nokadela meletakkan sebuah kotak kayu bermassa 10 Kg di atas lantai. Kemudian (kotak tersebut) di injak dengan gaya total sebesar 50 N. Tentukanlah besar gaya normal yang bekerja pada kotak kayu tersebut, jika percepatan gravitasi di tempat itu adalah  9,8 m/s^2. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa m = 10 kg, Gaya Injak (F) = 50 N, dan percepatan gravitasi adalah 9,8 m/s kuadrat. Hal yang ditanyakan adalah Besar gaya normal yang bekerja pada kotak kayu. Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa tidak ada rumus khusus untuk menentukan besar gaya normal. Kita harus menganalisis dari gerak dan gaya-gaya yang bekerja padanya. Mari kita mulai dengan terlebih dahulu menggambarkan gaya-gaya yang bekerja pada kotak tersebut. Ketika sebuah kotak diletakan di atas lantai dan di injak. Tentu kita tahu bahwa dia mempunyai gaya berat. Dengan arah gaya menuju pusat bumi, arah ke bawah. gaya normal yang memiliki arah tegak lurus bidang sentuh. Serta gaya Injak F. Karena kotak tersebut di injak dari atas kotak, artinya arah gaya ini menuju ke bawah. Jika kita lihat dari gerakan nya. sebuah kotak yang diletakan dilantai, dan di injak. tentu tidak akan memiliki gerakan khusus. Terutama gerakan dalam sumbu Y atau vertikal. Kotak tersebut diam, meskipun bekerja gaya berat, gaya normal dan gaya injak. Sesuai dengan hukum I newton, diam ini mengartikian bahwa resultan gaya yang bekerja pada kotak tersebut adalah nol. Atau lebih detailnya, resultan gaya pada sumbu Y adalah nol. Jadi, positif gaya normal ditambah negatif gaya berat kemudian ditambah negatif gaya injak sama dengan nol. Gaya normal saya tulis positif, karena saya mengikuti diagram cartesian. Dimana pada diagram cartesian, arah ke atas adalah Y positif. Kita bisa pindahkan gaya berat dan gaya Injak F melintasi samadengan, sehingga kita peroleh bahwa gaya normal samadengan gaya berat ditambah gaya F. Sudah kita pelajari sebelumnya bahwa gaya berat adalah hasil kalai massa dan percepatan gravitasi. Sehingga kita akan memperoleh gaya berat senilai 98 Kg.m/s kuadrat, atau senilai dengan 98 Newton. sementara gaya injak F, seperti yang sudah kita ketahui, senilai 50 N. gaya Normal N akan kita peroleh senilai dengan 98 Newton ditambah 50 Newton, atau senilai dengan 148 Newton. Jadi, gaya normal pada kasus kotak yang di injak, ternyata akan sama dengan jumlah gaya berat dan gaya injak, yaitu senilai 148 Newton.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: