21 Kalor dapat mengubah suhu Benda

Contoh soal :
Kalor dapat mengubah suhu Benda - Soal dan Pembahasan Suhu dan Kalor #21
Air di dalam sebuah tabung kaca, diketahui memiliki massa 2 Kg serta suhu sebesar 15°C. Jika beberapa saat kemudian suhu air naik menjadi 45°C. Maka tentukanlah banyaknya kalor yang telah diterima air tersebut.



DIALOG
Ketika suatu benda menerima atau melepas kalor, maka ada dua hal yang mungkin bisa terjadi. Kalor tersebut digunakan oleh benda untuk mengubah suhu. Atau kalor tersebut digunakan oleh benda untuk mengubah wujud. Hal yang akan kita pelajari di dalam video kali ini adalah pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda. Disini saya menggambarkan sebuah kursi dari logam, yang dibiarkan di udara terbuka, dan berinteraksi dengan panas matahari. Tentu merupakan sebuah pemandangan yang biasa kita temui jika suhu dari kursi logam tersebut berubah. misalnya saja di pagi hari, Tepat pukul setengah 8 pagi, besi tersebut memiliki suhu 15 derajat. namun, ketika siang hari, suhu nya terukur senilai 35 derajat. Sesuatu yang mengubah suhu kursi logam tersebut sebenarnya adalah salah satu bentuk energi yang kemudian dikenal sebagai kalor. kalor dan perubahan suhu benda memiliki hubungan yang sangat erat, seperti ditunjukan oleh persamaan berikut : Untuk lebih memahami tentang pengaruh kalor terhadap perubahan suhu, sebaiknya anda pelajari contoh soal di dalam video ini, serta beberapa contoh soal sejenis, yang bisa anda temukan di daftar putar saluran ini. Air di dalam sebuah tabung kaca, diketahui memiliki massa 2 Kg serta suhu sebesar 15°C. Jika beberapa saat kemudian suhu air naik menjadi 45°C. Maka tentukanlah banyaknya kalor yang telah diterima air tersebut. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa m = 2 kg. suhu awal = 15 derajat celsius. Suhu akhir = 45 derajat celsius serta kalor jenis air = 4200 J/kg"C Hal yang ditanyakan adalah kalor yang diterima atau dilepas oleh benda. di Dalam kasus ini tentu kita tahu bahwa air menerima kalor. Bukan melepas kalor. Hal ini Bisa diketahui dari suhu air yang meningkat, yang mengartikan, bahwa dia memperoleh tambahan energi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Perubahan suhu, dan Kalor yang dilepas atau diterima oleh suatu benda, dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut : Dari persamaan tersebut, terlihat bahwa Untuk menentukan kalor yang dilepas atau diterima, kita memerlukan tiga variabel, yaitu massa, kalor jenis, dan perubahan suhu. Dari ketiga varibel tersebut, saat ini kita hanya mengetahui 2 variabel, yaitu massa dan kalor jenis. Saat ini, kita belum mengetahui nilai perubahan suhu. Perubahan suhu bisa kita peroleh dari suhu akhir dikurangi suhu awal, atau 45"C dikurangi 15"C, atau senilai dengan 30"C. Dengan memasukan  data yang kita ketahui, kita bisa peroleh bahwa : kalor yang diterima oleh air = (2 kg)(4200 J/Kg"C) (30"C) atau senilai dengan 252.000 Joule mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: