23 gaya gesek kinetik

Contoh soal :
Gaya Gesek Kinetik  - Soal dan Pembahasan  Dinamika Partikel  #23
Sebuah kotak kayu bermassa 10 Kg di dorong dengan gaya sebesar 60 Newton. Koefisien gesek statis dan kinetik kotak kayu terhadap lantai adalah 0,4 dan 0,3. Jika kotak tersebut bergerak dan percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s^2, maka tentukanlah nilai gaya gesek yang bekerja pada kotak tersebut.



DIALOG
Sebuah kotak kayu bermassa 10 Kg di dorong dengan gaya sebesar 60 Newton. Koefisien gesek statis dan kinetik kotak kayu terhadap lantai adalah 0,4 dan 0,3. Jika kotak tersebut bergerak dan percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s^2, maka tentukanlah nilai gaya gesek yang bekerja pada kotak tersebut. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa kotak = 10 kg. Gaya dorong F = 60 N, koefisien gesek statis = 0,4. koefisien gesek kinetik = 0,3, serta gravitasi = 10 m/s^2. Hal yang ditanyakan adalah Nilai gaya gesek pada kotak Biasanya kita terlebih dahulu perlu mencari tahu apakah suatu benda bergerak atau diam, ketika di beri gaya dorong. namun,  dari dalam soal kita sudah mengetahui bahwa kotak tersebut bergerak ketika dikenai gaya F 60 N.  Karena kotak bergerak, maka gaya gesek yang bekerja pada kotak kayu tersebut adalah gaya gesek Kinetik. kita bisa langsung menghitung nilai gaya geseknya menggunakan persamaan gaya gesek kinetik. Dimana Miu K = 0,3 dan gaya normal pada kasus ini senilai dengan hasil kali massa dan gravitasi. Silahkan anda kunjungi video tentang gaya normal, jika anda tidak paham bagaimana menentukan gaya normal. 0,3 x 10 kg x 10 m/s2 akan kita peroleh 30 kgm/s2 atau senilai dengan 30 Newton. Jadi, gaya gesek yang bekerja ketika kotak kayu di dorong dengan gaya 60 N adalah gaya gesek kinetik. Dimana gaya gesek kinetik ini senilai dengan 30 Newton.  Karena kotak ini bergerak, kita juga bisa menghitung percepatannya dengan hukum II newton, Sigma F = m.a jika anda mau.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: