24 Koefisien Gesek statis dari benda tepat akan bergerak

Contoh soal :
Menentukan Koefisien Gesek Statis dari Benda Tepat akan bergerak  - Soal dan Pembahasan Dinamika Partikel  #24
Sebuah kotak kayu bermassa 20 Kg di letakkan di atas lantai kasar. Jika kotak tersebut berada dalam posisi tepat akan bergerak, ketika ia didorong dengan gaya senilai 40 Newton. Tentukanlah nilai koefisien gesek statis antara kotak kayu dan lantai !



DIALOG
Sebuah kotak kayu bermassa 20 Kg di letakkan di atas lantai kasar. Jika kotak tersebut berada dalam posisi tepat akan bergerak, ketika ia didorong dengan gaya senilai 40 Newton. Tentukanlah nilai koefisien gesek statis antara kotak kayu dan lantai ! Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa kotak = 20 kg. Gaya dorong F = 40 N, serta kotak tersebut berada dalam keadaan tepat akan bergerak. Hal yang ditanyakan adalah Nilai koefisien gaya gesek statis antara kotak kayu dan lantai Hal pertama yang harus kita pahami adalah Kondisi “tepat akan bergerak” dari suatu benda mengartikan bahwa benda tersebut masih diam. Hal ini  tentu mengartikan bahwa gaya gesek yang kita bicarakan masih tetap gaya gesek statis. Itulah alasannya, kenapa yang ditanyakan di dalam soal adalah koefisien gesek statis. Karena benda masih dalam kondisi diam. maka, Sesuai dengan hukum 1 newton, resultan gaya yang bekerja pada kotak adalah 0. Pada sumbu X, hanya ada dua gaya yang bekerja pada kotak, yaitu gaya dorong F dan gaya gesek. Jika gaya dorong senilai dengan 40 N. maka Artinya, gaya gesek statis dalam kasus ini juga senilai dengan 40 N. Selain kondisi diam. Hal lain yang harus kita pahami dari kalimat, "benda tepat akan bergerak" adalah tentang nilai maksimal gaya gesek. Jika benda tepat akan bergerak, artinya gaya gesek statisnya sedang maksimal. Jadi, Sampai sini kita seharusnya memahmi bahwa nilai maksimal gaya gesek statis dalam kasus soal kali ini adalah 40 N. Nilai maksimal dari gaya gesek statis dirumuskan sebagai hasil kali antara koefisien gesek statis dan gaya normal. Nilai maksimal gaya gesek statis senilai dengan 40 N. koefisien gesek adalah hal yang sedang kita cari. dan gaya normal dalam kasus ini adalah senilai dengan hasilkali antara massa dan percepatan gravitasi. Kita sudah punya massa kotak yaitu senilai 20 kg, namun dari dalam soal, kita tidak memiliki data percepatan gravitasi. percepatan gravitasi adalah konstanta yang harus selalu kita ingat. Sebaik kita mengingat nama kita sendiri. Nilainya adalah 9,8 atau kadang dibulatkan menjadi 10 m/s kuadrat agar perhitungan lebih mudah dilakukan. 40 N = koefisien gesek dikali dengan 200 Newton. Kita bisa pindahkan 200 N melewati samadengan, sehingga kita bisa peroleh koefisien gesek statis senilai 40 N : 200 N, atau senilai dengan 0,2. Tanpa satuan. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: