Kenapa Hitam Bukan Termasuk Warna

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa mengenal hitam sebagai salah satu warna. Tapi, Tahukah kalian bahwa dari sudut pandang sains, hitam bukanlah warna. Percobaan ilmiah tentang warna, pertama kali dilakukan oleh newton.



DIALOG
Newton, dalam bukunya berjudul optik, mengungkapkan bahwa, warna itu.. ada dalam cahaya (gelombang cahaya). Hanya cahayalah satu-satunya sumber warna. Tanpa kehadiran cahaya (gelombang cahaya). Setiap warna yang kita lihat saat ini, sama sekali tak berarti. Asusmsi Newton mengenai warna dalam cahaya, didasarkan pada hasil temuannya, dalam percobaan menggunakan kaca berbentuk prisma.  Di sebuah ruang gelap, newton melubangi dinding dan membiarkan seberkas sinar matahari masuk mengenai kaca prisma. Ternyata, cahaya matahari (gelombang cahaya) yang bagi kita tampak tak berwarna, oleh prisma tersebut terpecah menjadi cahaya berwarna, yang bagi kita tampak sebagai merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Jika warna-warna ini di lewatkan kembali melalui kaca prisma, ternyata, warna-warna tersebut kembali menjadi cahaya matahari, yaitu cahaya putih. Hal ini mengartikan bahwa ternyata, cahaya putih seperti misalnya cahaya matahari, sungguhnya merupakan kumpulan dari cahaya berwarna. Benda-benda yang ada di sekitar kita, sesungguhnya tidaklah berwarna tanpa ada cahaya yang menyentuhnya. Sebuah benda tampak berwarna merah, karena benda tersebut memantulkan cahaya berwarna merah, dan menyerap warna lainnya. Sebuah benda tampak berwarna Hijau, karena benda tersebut memantulkan cahaya berwarna Hijau, dan menyerap warna-warna lainnya. Sebuah benda tampak berwarna putih, karena benda tersebut memantulkan seluruh warna cahaya yang mengenainya. Hal yang unik barulah terjadi pada benda hitam. Benda hitam tampak berwarna hitam, karena dia menyerap seluruh warna cahaya yang mengenainya. Karakteristik benda berwarna Hitam yang menyerap seluruh warna cahaya (gelombang cahaya), serta tidak ditemukannya warna hitam dari penggabungan berbagai warna cahaya (gelombang cahaya). Membuat "Hitam", sering disebut-sebut sebagai bukan warna.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: