11 Pembahasan Soal UN Fisika SMA 2015 - Gerak Harmonik Benda Elastis

Di ujian nasional tahun 2015 yang lalu, Untuk maeri gerak harmonis benda elastis. hanya ada satu buah soal yang muncul. Langsung saja, mari kita bahas soal tersebut. Grafik di bawah ini menunjukkan hubungan antara pertambahan gaya dengan pertambahan panjang suatu pegas. Garis B-C pada grafik merupakan



DIALOG
Ketika suatu benda elastis (misalnya pegas) ditarik dengan gaya tertentu. Kita akan mendapati beragam kondisi : beberapa kondisi itu misalnya Seperti pegas tersebut berubah panjang namun bisa kembali ke bentuk semula, berubah panjang namun tidak bisa kembali ke bentuk semula, serta pegas bisa patah, jika pegas di tarik terlalu kuat, melebihi kemampuan nya. Ketika pegas di tarik dengan gaya hingga titik tertentu. Ada sebuah kondisi dimana perubahan gaya dan perubahan panjang yang terjadi pada pegas membentuk pola yang konstan, sehingga jika dibuat ke dalam grafik, akan terlihat garis yang linier.  Pola yang konstan dimana grafik ini linier, yaitu dari A hingga B, kemudian kita pahami sebagai area hukum hooke. Sebab pada daerah inilah hukum Hooke berlaku.  Disini, titik B sendiri kita sebut sebagai titik batas hukum hooke. Jika pagas terus ditarik hingga terus berubah panjang, melebihi titik B. Maka perubahan panjang dan gaya tarik menjadi tidak linier lagi. Disini hukum hooke sudah tidak berlaku. Tapi pegas masih bersifat elastis. Jika pegas ditarik hingga mencapai titik C, pegas yang ditarik masih bisa kembali ke ukuran pegas yang semula, saat dilepaskan. Karena bisa kembali ke bentuk semula, Daerah A hingga C ini kemudian dinamakan sebagai Daerah elastis. dimana titik C sendiri disebut sebgai titik batas elastis. Jika pegas terus ditarik hingga melebihi titik C, maka pegas yang berubah panjang ini akan rusak. Setelah tarikan dilepaskan, pegas memang akan menjadi lebih pendek kembali. Hanya saja bukan pada ukurannya mula-mula. Daerah dimana pegas tidak kembali ke ukuran semula ini dinamakan sebagai daerah plastis. yaitu dari titik C hingga titik E. dimana titik E sendiri adalah titik patah. yaitu titik dimana pegas akan putus. Jadi, jika kita melihat kembali soal yang sedang kita bahas. dimana didalam soal, dia mempertanyakan garis B hingga C. maka jawaban yang paling benar adalah bahwa daerah B-C ini adalah daerah deformasi elastis. Terimakasih telah menonton video ini. Jangan Lupa Like, share, dan Subscribe saluran ini.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut, dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: