Apa itu Momentum Sudut - Dinamika Rotasi

Pada gerak translasi kalian belajar bahwa momentum adalah hasil kali antara massa (inersia) dan kecepatan benda (P = m.v), maka di gerak translasi kita juga mengenal istilah momentum, yaitu momentum sudut. Masih analog dengan momentum pada gerak translasi, momentum juga merupakan hasil kali antara inersia (momen inersia) dan kecepatan (kecepatan sudut). Secara matematis, momentum sudut bisa ditulis dalam persamaan sebagai berikut :



Hukum kekekalan momentum sudut berbunyi : jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem, momentum sudut adalah  kekal (tetap besarnya). Hal ini mengartikan bahwa nilai momentum sudut  L adalah konstan, meskipun tiba tiba sebuah benda berubah nilai momen inersianya (nilai kemalasannya). Perubahan momen inersia suatu sistem secara tiba-tiba, akan mengakibatkan perubahan kecepatan sudut sistem tersebut, namun hasil kali inersia dan kecepatan sudut, yaitu momentum sudut akan selalu sama.



Kekekalan momentum sudut bisa di tunjukkan dengan baik oleh seorang penari balet ataupun penari di atas Es. Pada gambar di bawah ini diperlihatkan penari memulai rotasinya dengan kedua tangan yang telentang. Namun kemudian penari merapatkan kedua lengan nya. Jika kalian mengingat persamaan momen inersia benda partikel I = m.r^2 maka kalian akan menyadari bahwa dengan mengubah jarak R, akan diperoleh nilai momen inersia yang berbeda. Meskipun massa benda (m), masih massa yang sama. Perubahan nilai momen inersia karena tangan yang di rapatkan ini, pada akhirnya akan mengubah kecepatan rotasi (kecepatan sudut) si penari. Putaran penari menjadi lebih cepat ketika dia merapatkan tangannya.


Untuk lebih memahami apa itu momentum sudut, perhatikan contoh soal pada halaman berikut ini : contoh soal momentum sudut

Kode Artikel : K131101012
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: