Perbedaan Kecepatan Sudut dan Kecepatan Linier

Terkadang kita merasa bingung dengan kecepatan linier dan kecepatan sudut. Hal ini ditanyakan oleh salah satu akun di saluran Youtube kami dalam kalimat sederhana, "apa bedanya kecepatan sudut sama kecepatan linier?"

Jawaban :
Jika dilihat dari definisi dari kedua kecepatan tersebut, tentu kita tahu dengan pasti apa perbedaan keduanya. Kecepatan linier adalah "perubahan posisi/jarak/perpindahan" (bararti disini kita berbicara tentang ukuran panjang) tiap satuan waktu. Sementara Kecepatan linier adalah, "perubahan sudut" tiap satuan waktu.

Untuk lebih mudah memahami kedua kecepatan tersebut. Coba sekarang kita bayangkan bahwa kita sedang berada di luar angkasa. Dari luar angkasa tentu kita bisa melihat bahwa bumi itu terlihat sebagai suatu lingkaran. Seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah. Bayangkan bahwa tepat di permukaan bumi, tepat di garis lingkarnya, ada pesawat yang terbang dari posisi A ke posisi B dengan lintasan gerak seperti yang ditunjukkan oleh garis berwarna merah.
Disini tentu bisa kita lihat bahwa dari sudut pandang kita, kita melihat bahwa pesawat tersebut bergerak melingkar. Jadi kita bisa hitung kecepatan sudut gerakan pesawat tersebut, jika kita punya data tentang lamanya waktu tempuh pesawat tersebut dari A ke B, serta kita punya nilai sudut dari posisi A ke B (kalau dari gambar sih kayaknya sekitar 120 derajatan lah). Tapi disisi lain, dari sudut pandang pilot pesawat. Dia merasa bahwa dia terbang dalam lintasan yang lurus dengan kecepatan sekian km/jam. Sama sekali tak pernah ada cerita bahwa dia membelokan pesawat agar mendapatkan lintasan melingkar.

Begitulah kurang lebih, gambaran tentang kecepatan linier dan kecepatan sudut. Jadi, pada dasarnya, kecepatan linier itu muncul karena kita menganggap bahwa lintasan yang melingkar tersebut sebagai lintasan yang lurus (linier).

Related Posts: