Apa itu Dinamika Rotasi di Fisika

Di kelas X kalian telah mempelajari kinematika dan dinamika partikel, di mana pada bagian bagian (BAB) tersebut benda yang diam atau bergerak dianggap sebagai satu titik materi (ukuran dan bentuk benda di abaikan), sehingga gaya gaya yang bekerja pada benda hanya mungkin menyebabkan gerak translasi (bisa gerak lurus maupun gerak melengkung).


Catatan :
Gerak Translasi artinya Gerak pergeseran. Gerak translasi dapat didefinisikan sebagai gerak pergeseran suatu benda dengan bentuk dan lintasan yang sama di setiap titiknya. Jadi sebuah benda dapat dikatakan melakukan gerak translasi (pergeseran) apabila setiap titik pada benda itu menempuh lintasan yang bentuk dan panjangnya sama. Contoh gerak translasi bisa di lihat pada gambar-gambar di bawah ini.
Gerak Translasi

Gerak Translasi

Perhatikan bahwa gerakan Benda hanya tampak seperti bergeser. Tidak hanya posisi awal dan akhir, bahkan sepanjang gerakan yang terjadi, posisi tiap titik di benda selalu seperti itu. Masing masing titik di benda yang bergerak, selalu mengalami gerakan dan perubahan posisi yang sama.

Jika kita mengingat kembali pelajaran kita di kinematika, khususnya saat kita membahas hukum II Newton, kalian belajar bahwa ketika benda bermassa m di beri gaya sebesar F, benda tersebut akan bergerak translasi dengan percepatan sebesar a. Sesuai dengan hukum II newton F = m.a Hal tersebut mengartikan bahwa ketika sebuah benda yang dianggap benda titik (partikel), benda hanya akan mengalami gerakan gerakan translasi atau pergeseran dengan percepatan gerak sebesar a.

Namun faktanya, apakah semua benda di dunia ini benar benar bergerak secara translasi ketika dikenai gaya? Ketika kita mendorong sebuah pintu rumah, apakah setiap bagian pintu, setiap titik nya bergerak dengan pergeseran yang sama besar?

Ketika ukuran dan bentuk benda tidak di abaikan, seperti misalnya saja pada kasus sebuah pintu yang dianggap berbentuk pintu. Ketika dikenai gaya, pintu tidak bergerak translasi, namun justru bergerak berputar atau rotasi. Inilah inti dari dinamika partikel di fisika. Dimana kita mempelajari gerak berputar serta kaitanya dengan dinamika (penyebab gerak - gaya).

Gerak Rotasi

Perhatikan bahwa titik A serta titik titik lain di bagian roda tersebut selalu berubah ubah kedudukannya. Titik yang bisa dibilang selalu tetap hanyalah di bagian pusat Roda yaitu O, yang merupakan sumbu Roda atau engsel Roda.

Beberapa Hal yang akan dipelajari pada mata pelajaran Fisika, di Bagian atau BAB dinamika Rotasi antara lain :

  1. Momen Gaya atau Torsi
  2. Momen Inersia
  3. Hubungan Torsi, Momen Inersia dan Percepatan Sudut
  4. Momentum Sudut
  5. Energi Kinetik Rotasi
  6. Keseimbangan Benda Tegar

Kode Artikel : K131101001
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: