Apa itu Energi Kinetik Rotasi - Dinamika Partikel

Di kelas 10, khususnya pada materi pelajaran usaha dan Energi, kalian telah belajar bahwa Energi mekanik itu kekal. Energi mekanik di setiap posisi memiliki nilai yang sama besar. Energi mekanik sendiri kemudian kalian pahami sebagai jumlah energi total dari benda, meliputi Energi Potensial dan Energi Kinetik Benda.


Energi Kinetik Rotasi
Sekarang, ketika kalian telah mempelajari dinamika rotasi, kalian di sadarkan bahwa ketika sebuah benda bergerak, gerakan yang muncul pada benda tidak hanya berupa gerak translasi, namun bisa juga meliputi gerak rotasi. Begitu juga dengan energi, ternyata energi kinetik yang dahulu kalian pelajari di kelas 10, sebenarnya tersusun dari Energi kinetik yang biasa (translasi) serta energi kinetik rotasi. Energi kinetik rotasi dirumuskan dalam persamaan berikut ini :


Contoh kasus yang cukup sederhana misalnya saja terkait dengan apa yang terjadi pada gerak menggelinding. Sebuah roda yang bergerak di atas tanah tidak hanya bergerak dengan cara translasi (pergeseran) namun juga meliputi gerak rotasi. 

Gerak Menggelinding

Sehingga energi kinetik  total pada gerak menggelinding tentu saja merupakan penjumlahan dari Energi kinetik translasi dan Energi Kinetik Rotasi.


Karena Energi kinetik terbagi menjadi dua macam. Maka kini kalian menyadari bahwa Energi Mekanik yang dulu pada kelas 10 kalian pelajar, bisa ditulis menjadi persamaan yang lebih panjang.


Untuk lebih memahami tentang Energi kinetik Rotasi, perhatikanlah contoh contoh soal pada halaman berikut ini : Contoh soal Energi Kinetik Rotasi

Kode Artikel : K131101014
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: