Contoh Soal Kesetimbangan Benda Tegar - Dinamika Rotasi

Ini adalah halaman yang berisi contoh-contoh soal tentang Kesetimbangan Benda Tegar, meliputi kesetimbangan translasi maupun kesetimbangan rotasi. Jika anda tertarik membaca artikel atau materi pelajaran tentang kesetimbangan benda tegar. Silahkan kunjungi artikel sebelumnya. Baca : Apa itu kesetimbangan benda tegar



Contoh soal
Sistem di bawah ini berada dalam kondisi setimbang. Jika beban yang di gantungkan pada sistem adalah beban dengan massa 8 kg. Tentukanlah besar tegangan Tali   T_1  dan   T_2 yang bekerja pada sistem tersebut.



Contoh soal 
Sistem-sistem di bawah ini berada dalam kondisi setimbang. Jika beban yang di gantungkan pada sistem adalah beban dengan massa 8 kg. Tentukanlah besar tegangan Tali   T_1  dan   T_2 yang bekerja pada sistem tersebut.


Contoh soal 
Jika sistem berada dalam keadaan setimbang. Hitung besar tegangan tali T_1 dan  T_2 jika digantungi beban 10 kg, pada sistem berkatrol seperti di bawah ini.



Contoh soal 
Sistem berikut ini berada dalam keadaan setimbang. Jika benda m bermassa  6 Kg, dan gravitasi senilai 10 m/s^2. Tentukanlah besar tegangan tali di T_1, T_2, T_3, dan  T_4.



Contoh soal 
Batang AB  disusun seperti gambar di bawah ini. Jika sistem tersebut berada dalam keadaan setimbang. Hitunglah nilai berat (gaya berat) benda di titik B.



Contoh Soal
Indra dan Noka mengangkat sekantong beras bermassa 44 kg  menggunakan sebuah bilah kayu. Jika panjang kayu adalah 4 meter, massa kayu adalah 6 kg serta sistem berada dalam kondisi setimbang. Tentukanlah besar gaya yang diberikan oleh masing-masing orang pada kayu, jika posisi beras di gantung pada jarak 1 meter dari Indra.


Kode Artikel : K131101022
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: