02 Frekuensi Pada Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Contoh Soal :
Cara Menentukan Frekuensi - Gerak Melingkar #02
Sebuah Benda bergerak membentuk lintasan melingkar berjari-jari 800 meter. Jika dalam 1 jam benda tersebut mampu melakukan gerak melingkar sebanyak 120 putaran. Tentukanlah Frekuensi dari gerakan benda tersebut.




DIALOG
Sebuah Benda bergerak membentuk lintasan melingkar berjari-jari 800 meter. Jika dalam 1 jam benda tersebut mampu melakukan gerak melingkar sebanyak 120 putaran. Tentukanlah Frekuensi dari gerakan benda tersebut. Untuk menjawab soal-soal fisika, seperti biasanya kita terebih dahulu perlu mengumpulkan variabel-variabel yang kita ketahui. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa waktu (t) samadengan i jam, kemudian jari-jari (r) sama dengan 800 meter, serta jumlah putaran sama dengan 120. Satuan variabel waktu masih dalam satuan jam, sehingga alangkah lebih baik satuan ini diubah terlebih dahulu kedalam satuan waktu sesuai Standar International yaitu second atau kita kenal dengan detik. Hal yang ditanyakan dalam soal ini yaitu Frekuensi (f). Kita tahu bahwa Frekuensi (f) adalah Banyaknya jumlah putaran yang ditempuh oleh suatu benda yang bergerak melingkar dalam waktu satu detik.  Dari dalam soal tampak bahwa dalam waktu 3600 detik, benda tersebut berputar sebanyak 120 kali. Sehingga untuk mengetahui jumlah putaran setiap detik, kita cukup membagi banyaknya putaran yang terjadi dengan selang waktu untuk menempuhnya. 120 dibagi 3600 detik sehingga, kita peroleh frekuensi atau banyaknya putaran yang ditempuh dalam waktu satu detik adalah senilai 1/30. Dengan satuan HZ. Artinya, tampak jelas bahwa dalam satu detik, benda tersebut bahkan belum mencapai satu putaran pun. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: