04 Kecepatan Linier Pada Gerak Melingkar Beraturan (GMB)

Contoh Soal :
Cara Menentukan Kecepatan Linier - Gerak Melingkar #04
Sebuah Benda bergerak membentuk lintasan melingkar berjari-jari 800 meter. Jika dalam 1 jam benda tersebut mampu melakukan gerak melingkar sebanyak 120 putaran. Tentukanlah Kecepatan Linier dari gerakan benda tersebut.




DIALOG
Sebuah Benda bergerak membentuk lintasan melingkar berjari-jari 800 meter. Jika dalam 1 jam benda tersebut mampu melakukan gerak melingkar sebanyak 120 putaran. Tentukanlah Kecepatan linier dari gerakan benda tersebut. Untuk menjawab soal-soal fisika, seperti biasanya kita terebih dahulu perlu mengumpulkan variabel-variabel yang kita ketahui. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa waktu (t) samadengan i jam, kemudian jari-jari (r) sama dengan 800 meter, serta jumlah putaran sama dengan 120. Satuan variabel waktu masih dalam satuan jam, sehingga alangkah lebih baik satuan ini diubah terlebih dahulu kedalam satuan waktu sesuai Standar International yaitu second atau kita kenal dengan detik. Hal yang ditanyakan dalam soal ini yaitu kecepatan linier (v). Besaran-besaran pada gerak melingkar ketika kita kali kan dengan jari-jari (r), umumnya akan senilai dengan besaran sejenis pada gerak lurus. misalnya saja "kecepatan sudut" di kalikan dengan "jari-jari" sama dengan "kecepatan". Kecepatan atau kecepatan linier samadengan kecepatan sudut dikali jari-jari. Atau karena kecepatan sudut sama dengan 2phi'f, maka kecepatan linier boleh juga dirumuskan sebagai 2phi'rf. Kedua rumus di atas sama saja, tapi saya sendiri lebih memilih mengingat rumus pertama, dibandingkan mengingat rumus kedua. Asalkan kita selalu ingat apa itu kecepatan sudut, tentu rumus kedua akan selalu kita ingat. karena saya tidak memiliki nilai kecepatan sudut. maka Kali ini saya akan menyelesaikan permasalahan di atas menggunakan persamaan 2phi'rf. dimana phi adalah sebuah konstanta senilai 3,14. r samadengan 800. Semnetara f adalah frekuensi 1/30. Nilai frekuensi 1/30 ini tidak di dapat secara langsung dari dalam soal. Tetapi kita hitung terlebih dahulu dari jumlah putaran dibagi waktu. Selebihnya bisa anda lihat pada video sebelumnya. 2x3,14x800x(1/30) Diperoleh nilai 167,47. Satuan dari kecepatan adalah meter per second. Untuk bilangan2 yang mengandung konstanta phi. Terkadng variabel tersebut dibiarkan saja masih dalam bentuk phi. Hal ini bertujuan agar perhitungan menjadi lebih mudah karena tidak melibatkan angka desimal. Pada kasus di atas misalnya kita peroleh kecepatan linier sama dengan 160/3 phi meter per second. Karena kecepatan adalah vektor. Maka selain besar dia juga memiliki arah. pada gerak melingkar, Arah dari kecepatan linier ini selalu berubah. Seperti yang bisa anda lihat pada gambar. Mudahnya, kita sebut saja arah dari kecepatan linier adalah menyinggung lintasan melingkar. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut, dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: