01 Cara Mengubah Suhu Celsius Kelvin

Contoh soal
Cara Mengubah Suhu Celsius Kelvin - Soal dan Pembahasan Suhu dan Kalor  #01
Di dalam sebuah buku panduan memasak, disebutkan bahwa sebuah adonan roti perlu dipanggang pada suhu 200°C selama beberapa puluh menit. Berapakah nilai suhu 200°C tersebut jika dinyatakan dalam Kelvin.



DIALOG
Suhu adalah derajat panas atau dinginnya suatu benda. Suhu bisa dirasakan dengan alat indra, misalnya saja tangan, namun tidak terlalu akurat. Sehingga kemudian diciptakanlah alat yang lebih akurat untuk menyatakan derajat panas dan dinginya suatu benda, yaitu termometer. Di indonesia kita mengenal termometer dengan skala celsius. Dimana pada skala celsius air membeku pada suhu 0 derajat serta mendidih pada suhu 100 derajat, jika tekanan senilai 1 atm. Tidak semua negara di dunia menggunakan skala celsius. Ada pula termometer yang menggunakan Skala Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin. Termometer skala Reamur sudah cukup jarang digunakan saat ini, bahkan di beberapa sumber dikatakan bahwa skala ini sudah tidak digunakan lagi. Skala Fahrenheit biasa digunakan di negera-negara eropa, sementara Kelvin merupakan skala yang baku di bidang sains, kelvin inilah skala yang menjadi standar International untuk Besaran Suhu. Ketika kita belajar suhu dan kalor, konversi nilai suhu dari satuan tertentu ke satuan lain adalah sebuah kemampuan yang wajib dipahami. Terutama cara mengubah satuan Celsius menjadi kelvin dan sebaliknya. Pada video kali ini kita akan belajar bagimana cara mengubah satuan celsius ke Kelvin, juga sebaliknya. Silahkan tonton video lain di daftar putar untuk mengetahui bagaimana mengubah satuan celsius ke satuan suhu yang lain. Di dalam sebuah buku panduan memasak, disebutkan bahwa sebuah adonan roti perlu dipanggang pada suhu 200°C selama beberapa puluh menit. Berapakah nilai suhu 200°C tersebut jika dinyatakan dalam Kelvin. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa Suhu dalam derajat celsius adalah 200 derajat celsius. Hal yang ditanyakan adalah nilai suhu tersebut jika dinyatakan dalam kelvin. Hubungan antara skala celsius  dan Kelvin dapat dinyatakan dengan persamaan T = t + 273. Dimana T besar Adalah Suhu mutlak atau suhu dalam Kelvin, sementara t kecil atau kadang ditulis sebagai tc adalah suhu dalam derajat celsius. Untuk mengkonversi suhu, biasanya kita dihadapkan dengan banyak rumus. Sehingga kita terkadang sulit untuk mengingat. Padahal, sebenarnya kita bisa menggunakan persamaan yang lebih universal untuk mengkonversi seluruh satuan suhu, yaitu dengan menggunakan persamaan garis di Matematika. Silahkan saja anda tonton Videonya di link tersebut. Dengan memasukan  data yang kita ketahui, kita bisa peroleh : T = 200 + 273 atau senilai dengan 473 Kelvin. Jadi, jika dinyatakan dalam suhu kelvin. adonan roti tersebut sebaiknya dipanggang pada suhu 473 Kelvin selama beberapa puluh menit. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: