05 Frekuensi Cahaya Natrium

Contoh soal :
Frekuensi Cahaya Natrium - Soal dan Pembahasan  Gelombang Elektromagnetik  #05
Suatu permukaan natrium memancarkan radiasi, berupa gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang 300 nm. Hitunglah frekuensi dari  gelombang tersebut !



DIALOG
Suatu permukaan natrium memancarkan radiasi, berupa gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang 300 nm. Hitunglah frekuensi dari  gelombang tersebut ! Dari dalam soal kita mengetahui bahwa panjang gelombang = 300 nm. Karena satuan ini belum sesuai dengan standar internasional, maka alngkah lebih baik kita ubah terlebih dahulu kedalam meter. Sehingga kita peroleh 300x10^-9 meter. Hal yang ditanyakan adalah frekuensi dari gelombang tersebut (f) panjang gelombang dan frekuensi gelombang memiliki hubungan yang erat sebagai : cepat rambat gelombang = panjang gelombang dikali frekuensi Dimana cepat rambat gelombang elektromagnetik, atau kecepatan gelombang elektromagnetik adalah 3 x 10^8 m/s. Ini adalah sebuah konstanta yang harus selalu kita ingat, ketika kita belajar tentang Gelombang. Dengan memasukan data-data yang telah kita ketahui, kita bisa peroleh  bahwa : 3x10^8 m/s = 300x10^-9 meter dikali frekuensi Kita bisa memindahkan 300x10^-9 melewati samadengan, sehingga kita bisa peroleh bahwa panjang gelombang = 3x10^8 m/s : 300x10^-9 meter. Atau senilai dengan 1,0x10^15 Hz. 1,0x10^15 Hz ini ini mengartikan bahwa dalam satu detik, radiasi gelombang elektromagnetik dari natrium tersebut bisa membuat gelombang (bukit dan lembah) sebanyak 1,0x10^15 kali. Atau dalam bahasa indonesia, setara dengan 1 Trillion. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: