11 Cara menentukan Gaya Berat Benda

Contoh soal :
Cara menentukan Gaya Berat Benda - Soal dan Pembahasan  Dinamika Partikel 
Seorang laki-laki bermassa 45 Kg, berdiri di atas permukaan bumi. Tentukanlah besar gaya berat yang bekerja pada orang tersebut !




DIALOG
Ada banyak jenis gaya. Salah satunya adalah gaya berat. Berat atau gaya berat adalah gaya tarik yang bekerja pada benda,  akibat gravitasi.  Atau dalam bahasa yang lebih mudah di cerna, adalah gaya berat ini berbicara tentang seberapa kuat bumi menarik Anda? Jika kita berada di bulan, maka gaya berat ini berbicara tentang seberapa kuat bulan menarik anda Secara matematis, berat atau gaya berat ini senilai dengan hasil kali antara massa benda dan percepatan gravitasi. Bukankah persamaan gaya ini mirip dengan persamaan gaya dari hukum II newton? yaitu sama-sama massa di kali percepatan. Hanya saja percepatan untuk gaya berat ini lebih spesifik yaitu percepatan gravitasi. Gaya memiliki arah. Begitupun dengan gaya berat. Arah gaya berat, sama seperti halnya arah percepatan gravitasi, yaitu tegak lurus ke bawah menuju pusat bumi. Tak perduli bagaimanapun posisi benda nya, di lantai, di bidang miring, di langit-langit, maupun di dindidng, arah gaya berat tetap menuju pusat bumi. Untuk lebih memahami tentang gaya berat, anda bisa menyimak contoh soal berikut ini : Seorang laki-laki bermassa 45 Kg, berdiri di atas permukaan bumi. Tentukanlah besar gaya berat yang bekerja pada orang tersebut ! Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa m = 45 kg dan dia berada di bumi. Hal yang ditanyakan adalah gaya berat atau besar gaya tarik bumi yang bekerja kepada orang tersebut. Kita telah mengetahui bahwa gaya berat adalah hasil kali antara massa dan percepatan gravitasi. namun, ketika kita memasukan variabel yang kita ketahui ke dalam persamaan. Ternyata dari dalam soal kita tidak di berikan data percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi adalah sebuah variabel yang nilainya harus selalu kita ingat. Sangat wajib kita ingat. Nilai dari percepatan gravitasi dipermukaan bumi, adalah sekitar 9,8 m/s kuadrat. 45 Kg dikali 9,8 m/s kuadrat akan kita peroleh 441 Kg. m/s kuadrat. Atau satuan yang cukup ribed dibaca tersebut, biasa disingkat sebagai newton.  Jadi, gaya berat atau besar gaya tarik bumi yang bekerja kepada orang tersebut adalah senilai dengan 441 Newton. mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: