22 Gaya Gesek Statis

Contoh soal :
Gaya Gesek Statis  - Soal dan Pembahasan  Dinamika Partikel  #22
Sebuah kotak kayu bermassa 50 Kg di dorong dengan gaya sebesar 80 Newton. Koefisien gesek statis dan kinetik kotak kayu terhadap lantai adalah 0,4 dan 0,3. Jika percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/s^2, maka tentukanlah nilai gaya gesek yang bekerja pada kotak tersebut. 



DIALOG
Sebuah kotak kayu bermassa 50 Kg di dorong dengan gaya sebesar 80 Newton. Koefisien gesek statis dan kinetik kotak kayu terhadap lantai adalah 0,4 dan 0,3. Jika percepatan gravitasi di tempat itu adalah 10 m/??^2, maka tentukanlah nilai gaya gesek yang bekerja pada kotak tersebut. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa massa kotak = 50 kg. Gaya dorong F = 80 N, koefisien gesek statis = 0,4. koefisien gesek kinetik = 0,3, serta gravitasi = 10 m/s^2. Hal yang ditanyakan adalah Nilai gaya gesek pada kotak Di dalam soal ini tidak disebutkan apakah kotak tersebut bergerak ketika dikenai gaya 80 N. Oleh karena itu, kita harus mencari tahu terlebih dahulu apakah benda ini bergerak ataukah diam.  Untuk mengetahui apakah suatu benda bergerak atau diam, ketika dikenai gaya dorong. terlebih dahulu kita harus mencari nilai maksimum gaya gesek statis. kemudian membandingkan dengan nilai gaya dorongnya. Jika gaya dorong yang diberikan lebih besar dari nilai maksimum gaya gesek statis, Maka benda tersebut bergerak.  Nilai maksimum dari gaya gesek statis dirumuskan sebagai hasil kali antara koefisien gesek statis dikali gaya normal. Pada kasus kali ini, gaya normal akan senilai dengan hasil kali massa dan gravitasi. Silahkan anda kunjungi video tentang gaya normal, jika anda tidak paham bagaimana menentukan gaya normal. 0,4 x 50 kg x 10 m/s2 akan kita peroleh 200 kgm/s2 atau senilai dengan 200 Newton. Karena gaya  gesek statis maksimum lebih besar dari gaya F, maka kotak kayu tersebut diam. Hal ini juga mengartikan bahwa gaya gesek yang bekerja pada kotak kayu adalah gaya gesek statis. Hukum 1 newton menjelaskan bahwa ketika suatu benda diam. artinya resultan gaya yang bekerja pada benda bernilai nol. Jika kotak kayu tersebut di dorong dengan gaya 80 N. Artinya, gaya gesek pada kasus ini juga bernilai 80 N. Karena kotak kayu ini tidak bergerak. maka kita tidak perlu repot-repot menghitung gaya gesek kinetiknya. Sebab gaya gesek statislah yang sedang bekerja. 

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: