22 Menentukan kalor secangkir kopi

Contoh soal :
Menentukan kalor secangkir kopi - Soal dan Pembahasan Suhu dan Kalor #22
Secangkir kopi, diketahui bermassa 0,5 Kg, serta suhu sebesar 80°C. Jika kalor jenis kopi adalah 3.700 J/Kg°C, dan kopi tersebut di biarkan mendingin hingga sampai pada suhu 45°C. Maka tentukanlah kalor yang telah dilepaskan oleh kopi tersebut.



DIALOG
Secangkir kopi, atau jika bisa saya perjelas, maksud dari secangkir kopi ini adalah air kopi sebanyak satu cangkir. diketahui bermassa 0,5 Kg, serta suhu sebesar 80°C. Jika kalor jenis kopi adalah 3.700 J/Kg°C, dan kopi tersebut di biarkan mendingin hingga sampai pada suhu 45°C. Maka tentukanlah kalor yang telah dilepaskan oleh kopi tersebut. Dari dalam soal kita mengetahui bahwa  massa m = 0,5 kg. suhu awal = 80 derajat celsius. Suhu akhir = 45 derajat celsius serta kalor jenis kopi = 3.700 J/kg"C Hal yang ditanyakan adalah kalor yang diterima atau dilepas oleh benda. Di Dalam kasus ini tentu kita tahu bahwa air kopi ini melepaskan kalor. Bukan menerima kalor. Hal ini bisa kita ketahui dari suhu air kopi yang menurun, yang mengartikan, bahwa kopi membuang sebagian energinya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Perubahan suhu, dan Kalor yang dilepas atau diterima oleh suatu benda, dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut : Dari persamaan tersebut, terlihat bahwa Untuk menentukan kalor yang dilepas atau diterima, kita memerlukan tiga variabel, yaitu massa, kalor jenis, dan perubahan suhu. Dari ketiga varibel tersebut, saat ini kita hanya mengetahui 2 variabel, yaitu massa dan kalor jenis. Saat ini, kita belum mengetahui nilai perubahan suhu. Perubahan suhu bisa kita peroleh dari suhu awal dikurangi suhu akhir, atau 80"C dikurangi 45"C, atau senilai dengan 35"C. Dengan memasukan  data yang kita ketahui, kita bisa peroleh bahwa : kalor yang diterima oleh kopi = (0,5 kg)(3.700 J/Kg"C)(35"C) atau senilai dengan 64.750 Joule Jadi, banyaknya kalor yang dilepaskan oleh air kopi ke lingkungan adalah senilai dengan 64.750 Joule mainkan video dengan nomor soal yang lebih besar untuk soal-soal lain yang semakin sulit, kunjungi daftar putar (playlist) kami untuk menemukan video-video terkait, dan jangan lupa berlangganan saluran ini untuk update video video terbaru lainnya.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut (gratis ko), dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: