Jenis-Jenis Kesetimbangan - Dinamika Rotasi

Ada banyak peristiwa  kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja sebuah buku yang diam (setimbang) di atas meja, sebuah timbangan yang sedang seimbang, seorang pria yang berdiri diam di atas alat ski, sebuah kelereng yang diam di atas wajan penggorengan, pemandu sorak yang sedang berakrobatik membentuk susunan tertentu. Keseluruhan peristiwa kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari, bisa di bagi menjadi 3 jenis atau 3 golongan kesetimbangan. Antara lain: kesetimbangan indeferen, kesetimbangan stabil, dan kesetimbangan labil.


Kesetimbangan Stabil adalah kesetimbangan yang berssifat mantap. Contoh sederhana dari kesetimbangan stabil ini misalnya Batu yang sedang digantung dengan tali, atau Seperti kelereng yang berada di dalam wajan. Ketika diberi sedikit gaya pengganggu, batu atau kelereng tersebut akan berubah posisi. Namun setelah gaya pengganggu hilang, batu dan kelereng tersebut kembali ke posisinya semula. Jika dilihat pada diagram cartesian, baik pada sumbu x dan sumbu ya, posisi titik berat awal dan akhir, tidak mengalami perubahan.


Kesetimbangan Indiferen (Netral), seperti misalnya sebuah bola di atas meja. Jika kita berikan sedikit gaya (pengganggu), maka bola akan berpindah posisi. Ketika gaya pengganggu itu hilang, bola tidak kembali ke keadaannya semula. Jika dilihat pada diagram cartesian, titik berat bola pada salah satu sumbu cartesian akan sama nilainya. Perhatikan, bahwa ketika bola berpindah ke kiri ataupun ke kanan. Meskipun nilai X berubah, ternyata titik berat benda selalu berada pada sumbu y yang sama (Kasus digambar sih nilai y selalu 0)

 .
Kesetimbangan Labil adalah kesetimbangan yang bersifat tidak tetap. Contoh dari jenis kesetimbangan ini adalah telur di ujung tanduk, kelereng di belakang wajan, sebuah piring di ujung sumpit (tari piring), Bola Basket di ujung jari.  Jika kita beri sedikit gaya pada benda-benda tersebut, benda akan berubah posisi. Ketika gaya pengganggu hilang, benda tidak kembali ke posisi semula. Jika dilihat pada diagram cartesian, posisi titik berat benda juga berpindah posisinya baik pada sumbu X maupun pada sumbu Y.
Demikianlah artikel sederhana terkait jenis-jenis kesetimbangan benda. Dapatkah kalian mengolongkan jenis-jenis kesetimbangan pada peristiwa berikut ini : Seorang yang berdiri di atas papan ski, lalu jatuh tergelincir. Termasuk ke dalam kategori kesetimbangan yang manakah, peristiwa tersebut?

Kode Artikel : K131101025
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: