Apa isi materi Elastisitas dan Hukum Hooke

Bab elastisitas dan hukum Hooke pada dasarnya adalah bab yang membahas tentang kondisi benda (meliputi perubahan panjang dan kondisi fisik benda) ketika dikenai gaya. Pada bab ini kita akan belajar bahwa ternyata, benda apapun akan mengalami perubahan panjang ketika di tarik ataupun didorong. Perubahan panjang tersebut ada yang bersifat sementara, namun ada  juga yang permanen, tergantung bagaimana karakter benda serta besarnya gaya yang mengenainya. Contoh sederhana misalnya terkait dengan apa yang terjadi pada karet ketika dikenai gaya. Jika dikenai gaya yang cukup kecil, perubahan panjang yang terjadi pada karet hanya bersifat sementara. Namun ketika gaya tarik atau dorong pada karet cukup besar, karet bisa saja berubah panjang secara permanen atau bahkan malah putus. Sekali lagi, Hal paling penting adalah kasus ini tidak hanya berlaku pada karet, namun juga pada seluruh benda apapun.


Ketika sebuah benda ditarik dan berubah panjang, benda akan kembali ke ukuran semula ketika dilepaskan. Seolah-olah ada gaya yang melawan tarikan yang kita lakukan. Gaya tersebut bisa jelas kita rasakan, misalnya saja ketika kita menarik karet ketapel hingga sangat panjang. Kita akan merasakan seperti adanya gaya (tarikan) yang menarik dan melawan tangan kita. Gaya tersebut kemudian dikenal sebagai gaya pemulih. Yang besar nilainya di rumuskan dalam persamaan hukum Hooke.

Besar gaya pada hukum hooke dipengaruhi oleh karakter bahan yang digunakan (konstanta pegas). Jika kita menarik karet gelang hingga panjang 5 cm, serta per (pegas) hingga panjang 5 cm, tentu kita akan merasakan kuat gaya pemulih yang berbeda. Nah, hal lain yang juga cukup penting ketika membahas bab ini adalah bagaimana konstanta Pegas tiap benda? Bagaimana konstanta pegas ketika disusun ke dalam bermacam-macam rangkaian (seri-paralel-gabungan)?

Pada bab ini kalian akan mempelajari beberapa hal antara lain :
  1. Elastisitas Bahan dan Batas Elastis
  2. Modulus Young (Modulus Elastis)
  3. Hukum Hooke
  4. Energi Potensial Pegas
  5. Konstanta Pegas
  6. Konstanta Pegas Gabungan (susunan seri, susunan paralel, susunan gabungan)
  7. Manfaat Pegas (Benda Elastis) dalam kehidupan Sehari-hari
Kode Artikel : K131102001
Di tulis oleh Les Online Fisika

Related Posts: