Menentukan Momen Inersia Benda dengan Teorema Sumbu Sejajar - Dinamika Rotasi

Pada materi sebelumnya kalian telah belajar tentang berbagai nilai momen inersia pada benda umum. Nilai-nilai momen inersia pada benda umum tersebut bisa dilihat juga pada tabel di bawah ini :



Perhatikan gambar (a), (c), (e), (f), (g), (h), dan gambar (i). Pada gambar gambar tersebut, tampak berbagai nilai momen Inersia ketika benda di putar pada sumbu pusat massa benda. Pusat massa benda ini biasanya berada di pusat (tengah) benda. Karena sumbu putar melewati pusat massa benda, maka nilai-nilai momen inersia tersebut bisa juga di sebut sebagai momen Inersia pusat massa.

Teorema Sumbu Sejajar
Teorema sumbu sejajar berfungsi untuk menentukan nilai momen inersia benda (kemalasan benda) di berbagai sumbu putar, dengan memanfaatkan nilai momen Inersia pada sumbu pusat. Hal ini mengartikan bahwa, dengan mengetahui nilai momen inersia pada sumbu pusat, kita bisa dengan mudah menentukan nilai momen inersia pada sumbu-sumbu yang lain. Selama sumbu baru yang dipilih masih sejajar dengan sumbu pusat, kita bisa menentukan nilai momen inersia di sumbu baru manapun.

Nilai momen inersia di sumbu yang baru (yang masih sejajar sumbu pusat), bisa ditentukan dengan menggunakan persamaan sebagai berikut :


Jadi, pada kesimpulannya. Dengan mengetahui I di pusat massa, kita bisa mengukur nilai momen inersia (I) di titik manapun. Untuk lebih memahami tentang teorema sumbu sejajar, perhatikan contoh soal di halaman berikut ini : Contoh soal menentukan momen inersia dengan teorema sumbu sejajar

Kode Artikel : K131101008
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: