Momen Inersia Berbagai Benda yang umum - Dinamika Rotasi

Pada materi sebelumnya, yaitu terkait apa itu momen inersia. Kita telah memahami bahwa setiap benda memiliki nilai kelembaman untuk berotasi. Nilai kelembaman atau kemalasan sebuah benda untuk berotasi bisa berbeda-beda nilai nya, tergantung bagaimana kita memilih sumbu putarnya. Perhatikan nilai-nilai momen inersia pada contoh soal momen inersia benda partikel.


Momen inersia sebuah benda yang kompleks (benda sebenarnya), bisa kita pahami dengan terlebih dahulu memahami momen inersia benda partikel. Sebuah benda kompleks tersusun dari banyak bagian benda-benda bermasa (bisa dianggap masing-masing partikel). Hingga kemudian, momen inersia benda sebenarnya, tentu saja adalah jumlah dari seluruh nilai momen inersia masing masing benda-benda partikel tersebut. 


Secara matematis, jumlah dari seluruh benda benda partikel tersebut di dekati dengan menggunakan integral. Berikut ini adalah beberapa benda umum yang sering muncul di fisika. Perhatikanlah jenis benda, posisi sumbu putar, serta nilai momen inersia masing masing benda tersebut. Nilai-nilai momen inersia berbagai benda tersebut diperoleh menggunakan integral. Namun karena perhitungan menentukan nilai momen inersia ini cukup kompleks untuk siswa SMA, maka saya menyarankan nilai nilai momen inersia tersebut cukup kita ingat saja.


Untuk lebih memahami nilai nilai momen inersia atau kemalasan benda benda umum di fisika. Perhatikan contoh soal terkait momen inersia pada halaman berikut ini : Contoh soal momen inersia benda umum.

Kode Artikel : K131101006
Ditulis Oleh Les Online Fisika

Related Posts: