11 Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Contoh Soal :
Kelajuan dan Kecepatan - Kinematika Gerak Lurus #11
Seseorang berlari mengitari sebuah lapangan sepak bola, yaitu dari posisi A ke Posisi D Seperti tampak pada gambar berikut. Waktu yang dia perlukan untuk melakukan hal tersebut adalah selama 125 detik (second).  Tentukanlah : Kelajuan, dan Kecepatan orang tersebut


DIALOG
Seseorang berlari mengitari sebuah lapangan sepak bola, yaitu dari posisi A ke Posisi D Seperti tampak pada gambar berikut. Waktu yang dia perlukan untuk melakukan hal tersebut adalah selama 125 detik (second).  Tentukanlah : Kelajuan, dan Kecepatan orang tersebut Di beberapa soal, mungkin kita akan mendapati istilah kelajuan rata-rata maupun kecepatan rata-rata. Hal ini sebenarnya sama saja dengan kelajuan dan kecepatan. Sama seperti halnya menyebut "sigit Ginanjar" maupun sekedar "sigit". Jadi cara pengerjaannya sama saja. Kecuali untuk istilah kelajuan sesaat atau kecepatan sesaat, cara menyelesaikannya beda lagi. Untuk menjawab soal-soal fisika, seperti biasanya kita terebih dahulu perlu mengumpulkan variabel-variabel yang kita ketahui. Dari gambar tersebut kita ketahui bahwa panjang AB sama dengan panjang CD yaitu 75 meter. Sementara Panjang BC sama dengan panjang AD yaitu 100 meter. Serta waktu tempuh t yaitu 125 second Hal yang ditanyakan dalam soal ini yaitu kelajuan dan kecepatan. Simbol keduanya hampir sama hanya saja pada kecepatan ada garis strip di atas huruf v, yang merupakan simbol bahwa kecepatan merupakan besaran vektor, memiliki nilai dan arah. Rumus antara kelajuan dan kecepatan pun hampir sama, yaitu besaran panjang per waktu. hanya saja, pada kelajuan besaran panjang yang dimaksud adalah jarak, sementara kecepatan besaran panjang tersebut adalah perpindahan. Jika kalian belum bisa membedakan jarak dan perpindahan, silahkan anda buka video-video saya yang membahas tentang jarak dan perpindahan. Untuk kelajuan kita ketahui bahwa jarak merupakan panjang seluruh lintasan dari titik A hingga ke titik D, yaitu jumlah dari Panjang AB, BC, dan CD atau senilai dengan 250 meter. Sementara waktu kita gunakan 125 second. Hasil bagi antara 250 meter dan 125 second adalah 2 meter per second. 2 meter persecond ini artinya, orang tersebut Menempuh 2 meter untuk setiap detik. sungguh cepat ya? Bisakah anda berlari lebih cepat dari orang ini ? Untuk kecepatan, kita ketahui bahwa perpindahan adalah jarak terpendek dari titik awal dan akhir, sehingga perpindahan ini adalah panjang garis lurus AD, yaitu senilai 100 meter. Sementara waktu kita gunakan 125 second. Hasil bagi antara perpindahan dan waktu ini menghasilkan nilai 0,8 meter persecond. Dan karena kecepatan adalah vektor, kita harus selalu menyertakan arah. sehingga jawaban yang benar terkait kecepatan pelari tersebut yaitu 0,8 meter/second ke arah barat.  Hal ini mengartikan bahwa, untuk menuju titik D, kita sebenarnya bisa saja berjalan 0,8 meter/second ke arah barat. Dan kita akan sampai bersaman dengan orang yang berlari 2 meter/second, namun menggunakan jalan memutar.

Subscribe Ya !!
Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut, dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: