01 Jarak dan Perpindahan Gerak

Hari ini saya membuat beberapa video pembelajaran fisika yang membahas tentang materi jarak dan perpindahan pada bab gerak lurus. Di dalam video tersebut, saya memulainya dengan contoh soal, jadi meskipun memang ada materi pembelajaran di tengah-tengah video, jumlahnya memang tidak terlalu banyak. Namun saya pikir itu sudah cukup untuk memahami dan menyelesaikan contoh Soal Gerak lurus yang kita miliki.

Keunggulan Video Pembelajaran Ini :
Meskipun durasi video ini cukup lama, anda tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet saat memainkan nya, karena video-video yang saya buat merupakan video HD yang super ringan. File asli yang saya Upload ke dalam situs pemutar video tersebut hanya sekitar 2 MB hingga 7 MB saja. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kuota anda. Bukankah ukuran data sekecil itu itu, setara dengan mendownload atau memainkan sebuah lagu MP3 ?

Untuk saat ini, video yang saya buat memang masih sedikit. Namun video-video ini akan terus di update seiring waktu berjalan. Berikut adalah Kumpulan Contoh soal Jarak dan Perpindahan berikut Penjelasan untuk menyelesaikannya di dalam video :

Materi Posisi, Jarak, dan Perpindahan
Kinematika Gerak Lurus #01
Contoh Soal :
Seseorang berlari mengitari sebuah lapangan sepak bola, yaitu dari posisi A ke Posisi D Seperti tampak pada gambar berikut. Tentukanlah : Jarak, dan perpindahan orang tersebut !



Kinematika Gerak Lurus #02
Contoh Soal :
Seekor kelinci berlari sepanjang jalan raya  dari titik A ke titik B lalu berlari kembali menuju titik C, seperti gambar berikut ini. Tentukan : Jarak dan perpindahan kelinci tersebut.


Kinematika Gerak Lurus #03
Contoh Soal :
Seorang Atlit berlari di sebuah lapangan berbentuk persegi panjang seperti pada gambar, dari posisi A berputar hingga berhenti di posisi A kembali. Tentukan : Jarak dan Perpindahan pelari tersebut.



Kinematika Gerak Lurus #04
Contoh Soal :
Erni Ernawaty, berlari sepanjang lapangan yang memiliki panjang 80 meter dan lebar 60 meter, seperti gambar di bawah ini. Dia berlari dari titik A hingga ke titik C melalui titik B terlebih dahulu. Tentukan : Jarak dan perpindahan yang dilakukan erny.


Kinematika Gerak Lurus #05
Contoh Soal :
Sebuah mobil bergerak ke arah Timur sejauh 870 meter, lalu bergerak ke arah Barat sejauh 120 meter. Tentukan jarak dan perpindahannya.



Kinematika Gerak Lurus #06
Contoh Soal :
Sebuah mobil di jalan tol, terlihat sempat mogok pada “km 90”. Kemudian 45 menit berikutnya, mobil ini mengalami masalah yang sama pada “km 140”. Jika selama itu, mobil selalu bergerak lurus ke Timur. Hitunglah Jarak dan Perpindahan mobil selama 45 menit tersebut.





Kinematika Gerak Lurus #07
Contoh Soal :
Sebuah mobil bergerak ke arah Timur sejauh 110 m, lalu bergerak ke arah Utara sejauh 80 m, kemudian ke arah barat sejauh 50 m. Tentukan Jarak dan perpindahan mobil tersebut.




Demikianlah Video pembelajaran fisika yang saya buat. Semoga video pembelajaran berisi soal dan pembahasan soal-soal fisika ini bisa bermanfaat untuk anda.  Jangan Lupa Subscribe (berlangganan) channel tersebut, dan berikan komentar jika anda berkenan.

Related Posts: