Hasil Telaah Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

GAMBARAN TENTANG UNDERSTANDING BY DESIGN
Understanding by Design (UbD) atau dikenal dengan sebutan Backward Design merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dipelopori oleh tokoh pendidikan Grant Wiggins dan Jay McTighe (2005). Pendekatan UbD berlandaskan pada prinsip-prinsip (Wiggins dan Jay McTighe, 2005), yaitu:
  1. Merupakan perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru sebagai bagian dari tugasnya.
  2. Merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik memakna belajar melalui konsep-konsep utama.
  3. Mendorong peserta didik memaknai pembelajaran secara mandiri melalui bukti kinerja otentik.
  4. Perencanaan pembelajaran yang efektif yang dimulai guru menentukan capaian atau tujuan pembelajaran yang dicapai oleh peserta didik.
  5. Guru membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Tidak hanya mengajar, guru harus memastikan pembelajaran terjadi dan bermakna bagi peserta didik.
  6. Refleksi berkala terhadap bagaimana pembelajaran dilakukan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.
  7. UbD merefleksikan peningkatan yang berkelanjutan untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.

Ada tiga langkah utama yang perlu dilakukan dalam merencanakan pembelajaran dengan prinsip UbD, yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menentukan asesmen pembelajaran, dan merancang aktivitas pembelajaran (Grant Wiggins dan Jay McTighe, 2005). Tiga langkah tersebut diilustrasikan pada Gambar 1.1.



HASIL TELAAH RUBRIK CHECKLIST PERANCANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP UbD

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD. 

 Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD





Related Posts:

2 Responses to "Hasil Telaah Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD"

  1. Dulu nya saya mengira bahwa UbD merupakan semacam metode pembelajaran seperti projek, PBL, atau atau Inkuiri. Tapi dari aksi nyata ini saya jadi sedikit lebih memahami bahwa UbD merupakan Pendekatan Pembelajaran yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pa mahfudin. Menurut saya ini sudah bagus. Yang masih muda harus tetap semangat dan terus kembangkan pengetahuannya

    ReplyDelete